Implementasi Pancasila Dalam Kehidupan (artikel ilmiah )

Implementasi Pancasila Dalam Kehidupan
Annisa Humairo
Fakultas Syariah
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
(Humairoannisa111@gmail.com)
Abstrack
Artikel yang berjudul” Nilai Pancasila Dalam Kehidupan” ini, membahas tentangcnilai pancasil dalam konteks kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Penulisan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dalam proses belajar dan memahami pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Serta tulisan ini sangatlah penting untuk segala makhluk hidup di dunia ini salah satunya kita sebagai manusia pribumi yang telah diberi nalar dan pikiran untuk meningkatkan serta mengimplementasikan pancasila yang telah menjadi ideologi serta pondasi dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
The article title “Value Pancasila in Life”,  discuss about value of pancasila in context live ofsocially, live of nation, and live of state. This writing aim for add knowledge in process study and understanding pancasila in daily life. This writing is very important for every living thing in this world one of us as human who have give reason and mind to improve and to implement pancasila that has been become an ideology and be foundation for Unitary State of The Republic Indonesia.
Kata Kunci : Nilai; Pancasila; kehidupan/ Value; Pancasila; Life


Pendahuluan
Nilai berasal dari kata value yang value sendiri berasal dari bahasa latin valare atau bahasa Prancis Kuno yang memiliki arti nilai, hal ini selaras dengan definisi nilai menurut KBBI yang diartikan sebagai harga, yang jika dihubungkan dengan suatu obyek atau dipersepsi dari sudut pandang tertentu, harga yang terkandung di dalamnya memiliki tafsiran yang bermacam-macam. Pancasila merupakan suatu kata yang berasal dari kata panca dan sila, panca sendiri memiliki arti lima sedangkan sila memiliki arti dasar, jadi secara mendasar pancasila adalah lima sila yang mendasari berdirinya Indonesia atau lima dasar yang menjadi pondasi negara. Secara kaulitas pancasila bersumber dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yaitu dalam adat-istiadat, serta dalam agama-agama bangsa Indonesia yaitu sebagai pandangan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Dalam kehidupan jaman ini nilai-nilai  pancasila ini telah banyak tergerus oleh pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan hingga menimbulkan sedikitnya hilangnya jati diri bangsa. Dengan adanya artikel ilmiah ini saya berharap semoga dapat memberi kesadaran, tambahan pengetahuan, serta dapat berguna bagi nusa dan bangsa.



Hasil dan Pembahasan
Sub Judul Pembahasan Pertama 
Pancasila merupakan suatu kata yang berasal dari kata panca dan sila, panca sendiri memiliki arti lima sedangkan sila memiliki arti dasar, jadi secara mendasar pancasila adalah lima sila yang mendasari berdirinya Indonesia atau lima dasar yang menjadi pondasi negara, Pancasila merupakan suatu ideologi bangsa yang memiliki ciri khas atau karakteristik , pancasila memiliki nilai-nilai yang bersumber pada Indonesia itu sendiri yang terdiri dari adat-istiadat, serta dalam agama-agama bangsa Indonesia sebagai pandangan hidup bangsa. Oleh karena itu, nilai-nilai pancasila berasal dari nilai-nilai pandangan hidup bangsa yang telah diyakini kebenarannya, yang kemudian diangkat oleh bangsa Indonesia sebagai dasar filsafat negara dan kemudian menjadi ideologi bangsa dan negara[1]. Hidup sendiri memiliki arti masih terus ada, bergerak dan bekerja secara semestinya atau cara hidup. Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural memiliki tiga dimensi yakni:
1.     Dimensi Idealistis, yakni nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pancasila yang bersifat sistematis, rasional, dan menyeluruh, yakni hakikat yang terkandung dalam pancasila yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan yang bersumber pada filsafat.
2.     Dimensi Normatif, yakni nilai-nilai yang terkendung dalam  pancasila yang perlu dijabarkan dalam suatu sistem norma, sebagaimana terkandung dalam suatu sistem nilai norma-norma kenegaraan. Dalam hal ini pancasila, agar mampu dijabarkan kedalam langkah operasional, maka perlu memiliki norma yang jelas.
3.     Dimensi realistis, yakni suatu ideologi harus mampu mencerminkan realitas yang hidup dan berkembang dalam masyarakat.
Jadi implementasi pancasila dalam kehidupan adalah tindakan yang harus dilakukan atau hal-hal yang dapat dilakukan  berdasarkan lima dasar yang mendasari berdirinya Indonesia dalam kehidupan yang terus bergerak dan memiliki nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Sub Judul Pembahasan Kedua
Nilai sama dengan sesuatu yang menyenangkan kita, nilai identik dengan apa yang diinginkan. Nilai merupakan sarana pelatihan seperti nilai pengalaman pribadi semata, nilai ide platonic esensi.[2] Asal mula nilai-nilai pancasila berasal dari budaya Indonesia sendiri namun ada juga yang berasal dari luar Indonesia. Sejak diterimanya pancasila sebagai dasar Indonesia dan ideologi nasional, maka secara otomatis membawa konsekuensi logis bahwa nilai-nilai pancasila dijadikan landasan pokok, landasan fundamental bagi penyelenggaraan Indonesia. Meskipun dalam setiap sila yang terkandung nilai-nilai yang memiliki perbedaan antara satu dengan lainnya, namun kesemuanya itu tidak lain merupakan satu kesatuan yang sistematis dan tak terpisahkan sehingga saling terkait antara satu sila dengan sila lainnya.
Nilai-nilai Pancasila
1.     Nilai Ketuhanan
Nilai ketuhanan yang mengandung arti adanya pengakuan terhadap keyakinan bangsa terhadap adanya Tuhan sebagai  pencipta alam semesta. Dengan nilai ini, bangsa Indonesia menjadi Negara yang religious bukan bangsa yang ateis. Dalam hal ini Negara mengakui akan kebebasan memeluk agama, menghormati kemerdekaan menjalankan ritual dalam beragama, tidak ada paksaan serta tidak ada sikap diskriminasi antar umat beragama.
2.     Nilai Kemanusiaan
Nilai kemanusiaan mengandung arti bahwa pola pikir, pola sikap dan pola tindakan seluruh bangsa yang memiliki kesesuaian dengan nilai-nilai moral dalm hidup bersama. Singkatnya setiap individu bangsa harus memiliki pola pandang yang sama serta menempatkan kemanusiaannya secara proposional dan berkeadaban dengan mengimplementasikan nilai pancasila.
3.     Nilai Persatuan
Nilai persatuan mengandung makna usaha yang mengarah pada bersatu dalam kebulatan rakyat untuk membina rasa nasionalisme dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan Indonesia sekaligus sebagai bentuk menghargai sepenuhnya terhadap keanekaragaman yang dimiliki bangsa Indonesia
4.     Nilai Kerakyatan
Nilai kerakyatan ini mengandung makna suatu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat dengan cara musyawarah mufakat melalui lembaga-lembaga peradilan dengan system demokrasi yang dibangun adalah semnagat mentrasikan musyawarah sebagai bentuk mekanisme kebersamaan, keterbukaan dan akuntanbilitas publil.
5.     Nilai Keadilan
Nilai keadilan ini mengandung makna sebagai dasar sekaligus tujuan, yaitu tercapainya masyarakat  Indonesia yang adil dan makmur secara lahiriah ataupun batiniah

Kesimpulan
Pancasila merupakan suatu ideologi bangsa yang memiliki ciri khas atau karakteristik , pancasila memiliki nilai-nilai yang bersumber pada Indonesia itu sendiri yang terdiri dari adat-istiadat, serta dalam agama-agama bangsa Indonesia sebagai pandangan hidup bangsa, serta nilai-nilai pancasila berasal dari nilai-nilai pandangan hidup bangsa yang telah diyakini kebenarannya, yang kemudian diangkat oleh bangsa Indonesia sebagai dasar filsafat negara dan kemudian menjadi ideologi bangsa dan Negara. Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural memiliki tiga dimensi yakni:
11)     Dimensi Idealistis
22)     Dimensi Normatif
33)     Dimensi realistis
Jadi implementasi pancasila dalam kehidupan adalah tindakan yang harus dilakukan atau hal-hal yang dapat dilakukan  berdasarkan lima dasar yang mendasari berdirinya Indonesia dalam kehidupan yang terus bergerak dan memiliki nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
Nilai sama dengan sesuatu yang menyenangkan kita, nilai identik dengan apa yang diinginkan. Nilai merupakan sarana pelatihan seperti nilai pengalaman pribadi semata, nilai ide platonic esensi. Asal mula nilai-nilai pancasila berasal dari budaya Indonesia sendiri namun ada juga yang berasal dari luar Indonesia.
Nilai-nilai Pancasila
1.     Nilai Ketuhanan
2.     Nilai Kemanusiaan
3.     Nilai Persatuan
4.     Nilai Kerakyatan
5.     Nilai Keadilan


Daftar Pustaka
Munir, Mbm dkk.” Pendidikan Pancasila”. Cet. 3. Malang: Madani Media, 2016.
Winarno. “Paradigma Baru Pendidikan Pancasila”. Cet. 2. Jakarta: Bumi Aksara Group, 2017.
Kaelan. “Pendidikan Pancasila”. Yogyakarta: Penerbit Paradigma, 2003.
Sumaryono, Antonius Agus. “Nilai Ketuhanan Pancasila dalam Perspektif Budaya Jawa” http://agusayenk.blogspot.com/



[1] Kaelan, op.cit., hal. 123
[2] Antonius Agus Sumaryono, “Nilai Ketuhanan Pancasila dalam Perspektif Budaya Jawa”, http://agusayenk.blogspot.com/, diakses tanggal 12 Desember 2017

Komentar

Postingan Populer